Minggu, 12 Juli 2015


Kali ini saya akan memposting dengan bahasa Indonesia (if you don't understand, you can just click Translate Menu on the left column) Akhir-akhir ini kita sering dengar "Material Design". Banyak yang berubah ketika adanya material design, seperti update terbaru Play Store yang menyuguhkan tampilan simpel tapi indah. Youtube dan Play Music serta Google Apps yang lain juga begitu. Banyak aplikasi sekarang yang memakai tampilan Material, yang dinilai eye-catching, dan ramah bagi user. Mungkin ada yang belum tahu dan bertanya-tanya, apa sih Material Design itu?

Pengertian Material Design

Material Design adalah bahasa pemrograman visual yang dibuat oleh Google. Bahasa pemrogaman ini menggunakan tampilan visual yang menarik tapi sederhana. Material Design bukan menawarkan konsep perubahan secara masive, tetapi ini adalah langkah yang signifikan untuk menuju New Visually Representative language. Teknologi ini akan memicu design berbasis artificial yang diwujudkan kedalam bentuk yang nyata.
Sebelum trend material design "menukik", banyak designer yang berusaha membuat tampilan (contohnya tombol / button) menggunakan style 3D agar bagaimana output yang dihasilkan menyerupai bentuk asli di dunia nyata. Tetapi hal itu sudah tidak populer lagi, hal yang menjadi prioritas utama sekarang adalah kecepatan akses yang menjadi salah satu bagian dari material design karena secara garis besar mengutamakan pewarnaan objek yang solid tanpa memaksakan menggunakan gambar-gambar yang tidak diperlukan.
Istilah tersebut sering kita sebut dengan flat design yang tidak mengutamakan penggunaan background yang terlalu rumit tetapi simple agar membuat para pengguna dapat lebih mudah dan tidak bingung untuk menggunakan objek tersebut.
Untuk lebih jelasnya, simak video ini yuk!



Contoh Material Design
Material Design sudah diterapkan di banyak aplikasi. Android terbaru, Lollipop menyuguhkan tampilan Material / flat sebagai UI (User Interface) nya.



Sekian dari pos ini, terima kasih sudah membaca :)
Ada saran? Isi kotak komentar atau buku tamu! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

My Computer

IP

Quote of the Day

Pageviews

Clock

Followers

Visitors

free counters

Visitors

Recent Comments

Popular Posts

Recent Posts

Recent Posts Widget

Guest Book

Random Posts

Blogger Widgets