Translate

Custom ROM Android Repencis V3.0 Galaxy Young

Setelah lama tidak memposting akhirnya saya menemukan artikel yang bagus buat dibagikan. Dan artikel telah lama saya cari-cari dan baru sekarang bisa sharing. Langsung aja, Kali ini yang saya bahas adalah cutom ROM untuk galaxy Young, yaitu Hybrid,Creed,Chobits,dan Repencis. Ups, saya hanya membahas tentang Repencis (-,-). Custom ROM ini menggunakan memori custom ROM lainnya, selain desainnya yang cantik. Mau coba? Check this out!
Pada Custom Rom ini, para pengembang Repencis berhasil menanamkan DSP Manager yang selama ini saya sendiri kurang beruntung mencoba diinstal pada Galaxy Young. Error Force Close sering terjadi jika “dipaksakan” diinstall pada Galaxy Young, meskipun sudah saya coba beberapa kali untuk menggunakan trick dan tips yang saya temukan di internet.
Repencis ada 2 macam yaitu:
1.Repencis Pro User
   Pro User ini "memaksakan" untuk menggunakan a2sd. Aplikasi sangat berguna bagi yang hobi download games. Pada internal memori handphone anda akan tersisa 125 Mb, belum termasuk aplikasi lainnya. Dengan menggunakan aplikasi ini (belum termasuk aplikasi) jika diinstall akan menyisakan 196 Mb. Kegunaan aplikasi juga dapat memindahkan aplikasi yang "tidak mau" dipindahkan ke SD Card.
2.Repencis Beginner User
Ya, kebalikan dari aplikasi prouser yang nantinya memori handphone anda akan tersisa sedikit. Dan ini membuat saya cukup “gusar” karena saya tidak bisa install aplikasi lainnya sebanyak yang kauinginkan. 


Yang harus didownload :
1. Download CUSTOM ROM REPENCIS V.3 Code TIGA

Download Repencis v.3 Pro User
Download Repencis v.3 Beginner User
2. Download CMW Recovery :CWM_bla_bla.zip
CMW recovery ini masih  seperti yang dipakai untuk Flash Custom Rom sebelumnya
3. Download BetterTemPro.apk ; aplikasi ini adalah aplikasi untuk mengakses console terminal emulator pada Galaxy Young.
4. Terakhir dan tidak wajib, aplikasi ini untuk mengganti BOOT ANIMATION bawaan STOCK ROM ke BOOT ANIMATION-nya Repencis V.3 download di sini…
5. Yang beneran paling terakhir didownload adalah hehehehe…… MiniTool Partition Wizard Home Edition aplikasi gratis ini (versi home) akan membantu anda untuk membuat partisi kedua pada SDCARD anda. Caranya super mudah.
Jika SDCARD anda tidak ingin diformat ulang, anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat aplikasi kedua dengan cara memperkecil partisi yang sudah ada yang tentunya masih ada ruang kosong untuk dijadikan partisi baru.

Download disini
Jika tidak ingin pusing dengan “mengatur” sisa ruang kosong pada memori kartu anda, dan ingin menggunakan SDCARD baru/baru format. Caranya dengan menggunakan aplikasi ini, hapus dulu semua partisi yang anda, kemudian buat partisi pertama dulu dengan jenis FAT32 kemudian sisanya baru dibuat untuk partisi yang kedua.
Nah untuk kartu memori 2Gb saya menggunakan 300mega untuk partisi yang ke dua.
Pastikan partisi yang ke dua mempunyai spesifikasi : jenis ext2 atau ext3.

Okey, semua bahan sudah didownload, sekarang tinggal meraciknya…
1. Charge dulu Samsung Galaxy Y anda sampai penuh, kita tidak mau kan pada proses flashing Custom Rom terganggu gara-gara lowbatt.. :)

2. Backup data handphone dan kartu memory (SDCard) (wajib! kalau tidak tanggung resiko sendiri…)

4. Siapkan partisi ke-2 pada kartu external (SDCard) dengan jenis partisi ext2 atau ext3

5. Salin file-file ini ke memory card (SDCard) anda, CWM_bla_bla.zipRepencis V3.0 pro-user.zip, dan BetterTermPro.apk menggunakan komputer via Cardreader atau dengan mencolokan handphone anda dengan USB yg terkoneksi dengan komputer.

6. Matikan handphonenya, kemudian nyalakan kembali ke modus recovery dengan cara menekan tombol volume up/+, tombol home, dan tombol power. Tekan bersamaan, kemudian tahan dan tunggu sampai ada tulisan Samsung Galaxy Young kemudian lepaskan.

Dilayar akan tampil seperti gambar di bawah ini:
100_0618 100_0618

7. Pilih menu “apply update from sdcard” dan pilih file bla_bla_bla.zip  kemudian tampilan menu recovery ClockWorkMod Recovery
 seperti gambar di bawah ini :

100_0619 

8. pada menu ClockworkMod Recovery kemudian kita memilih menu “install zip from sd” berikut tampilannya …

100_0620 

9. pilih menu “Repencis V3.0 pro-us” kemudian pilihan memastikan, Yes Install! biarkan proses berjalan, dan tunggu sampai ada tulisan “Instalation Complete, Enjoy!”


100_0622 100_0623 

10. Setelah proses flashing selesai dan complete, menu tampilan akan kembali pada tampilan seperti di bawah ini setelah itu tekan tombol power 1 kali saja, untuk kembali ke menu awal, pada menu CWM Recovery pilih menu "do Wipe Data" dan menu "Wipe Cache Partition" kemudian pilih menu “Reboot system now

100_0624 

11. Booting….

100_0626

12. Anda sudah mengganti ROM Samsung Galaxy Y anda dengan Repencis v.3

100_0628

13. REPENCIS V.3 Code Tiga

100_0632   100_0632

14. Wallpaper SUN CELLULAR ??? ini wallpaper bawaan Repencis loh… hehehehe

100_0631

REPENCIS V.3 Code TIGA
Android Version 2.3.6
Baseband Version S5360DXKL2
Kernel Version 2.6.35.7 dpi@DELL175#1
Build number 
GINGERBREAD.DXLC1
Custom ROM Repencis v.30
Code Name TIGA
16. Mengaktifkan aplikasi a2sd (penting ini!) install aplikasi BetterTermPro.apk tadi yang sudah dimasukan ke dalam sdcard. setelah proses instalasi selesai jalankan aplikasi ini kemudian agar dapat mengetik perintah pada konsol terminal. Pilih menuOption kemudian Preference dan pilih Input Method dan pilih kembali Word based


Dalam terminal konsol, ketikan su <enter> untuk mengaktifkan apa yg akan anda ketikan mempunyai akses root. kemudian ketikan kembali a2sd cachesdreset <enter> handphone akan me-reboot sendirinya.

Sabar… tunggu sampai booting selesai dan masuk kembali ke aplikasi Better Terminal Emulator ketik su <enter> kemudian a2sd reinstall <enter> nah….. sabar lagi… handphone akan merestart sendiri.. tunggu sampai booting selesai dan anda bisa memeriksa manajemen memory terdapat memory internal telepon yang belum terpakai 196MB.

Sampai sini proses flashing menggunakan custom rom Repencis v.3 sudah selesai.. jika ada yang belum faham silahkan bingung sendiri atau mengirimkan kekesalan anda di kolom komentar.. hehehe. Jika masih ada yang gagal wajar saja, saya juga gagal sekali dan mencoba ked
ua kalinya baru bisa. Jadi jika terjadi kegagalan coba flash ulang dari awal.

Sumber : udung.blogspot.com
SHARE

About Dipto Nugroho

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

Share It

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...