Senin, 11 Juni 2012

Fungsi root pada Android adalah untuk memberi hak penuh kepada user Android untuk masuk ke sistem. Dengan melakukan root, pengguna dapat mengurangi, menambah, maupun memodifikasi data-data yang ada pada Android dalam keadaan standar. Kalau diumpamakan dengan Windows, pengguna dapat menjadi "administratornya".
Dengan melakukan root, tidak serta merta akan menaikkan performa Android. Dalam arti itu, rooting Android berarti "membuka pintu" bagi Anda untuk mengembangkan OS ini.
Beberapa alasan pengembang sistem Android tidak memberikan akses root pada penggunanya adalah untuk melindungi sistem operasi Android secara keseluruhan. Jika pengguna tidak sengaja merubah atau menghilangkan satu file sistem, menyebabkan kinerja ponsel maupun tablet menurun, tidak stabil, rusak, dan yang paling parah yaitu tidak dapat dinyalakan atau disebut Brick.
Kekurangan Root Android
1.Dapat menghilangkan garansi handphone. Dikarenakan root seperti membuka "segel garansi".
         Catatan :  Bila ingin membawa HP ke service center, selain dilakukan unroot, sebaiknya lakukan juga          factory reset (Menghilangkan semua aplikasi dan data yang terinstall)
2.Masalah Keamanan.
   Dikatakan setelah melakukan root, maka aplikasi-aplikasi malware, seperti virus atau Trojan dapat masuk dengan bebas ke file sistem merusak dan menghapus data-data.
Keuntungan Root Android
1.Dapat menginstall aplikasi yang membutuhkan akses root,seperti: App2Card, Link2SD, Titanium Backup, dan lain-lain.
2.Dapat menginstall Custom ROM
    Custom ROM adalah sistem Android kustom bukan buatan vendor ponsel. Seperti: Android Chocobread,dll.
   Catatan:
    dengan melakukan root bukan berarti Anda langsung dapat melakukan insatlasi Custom ROM, namun kebanyakan handphone Android membutuhkan root bila ingin diinstall custom ROM
Overclock Processor
3.Dapat melakukan pengaturan untuk memaksimalkan kinerja ponsel.
    Salah satu pengaturan yang dapat dilakukan adalah overclock processor. Dengan melakukan ini, processor dapat "dipaksa" kerja lebih cepat dari kecepatan bawaannya. Namun, overclock dapat memperpendek usia processor, membuat baterai lebih boros, cepat panas, dan sistem tidak stabil.
4.Dapat Uninstall Aplikasi Bawaan Pabrik
    Dengan melakukan root, kita dapat meng-uninstall aplikasi-aplikasi bawaan pabrik yang tidak berguna.       Tetapi hati-hati, kawan, karena jika salah uninstall menyebabkan kinerja Android tidak sempurna.

Jadi, Root Android memberi kegunaan juga untuk memiliki kontrol penuh kepada sistem. Apabila terjadi kesalahan bukan tanggung jawab saya, kesalahan ditanggung sendiri. Dan juga, jika Anda masih puas dengan fasilitas yang dimiliki, tidak perlu melakukan Root.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

My Computer

IP

Quote of the Day

Pageviews

Clock

Followers

Visitors

free counters

Visitors

Recent Comments

Popular Posts

Recent Posts

Recent Posts Widget

Guest Book

Random Posts

Blogger Widgets