Sabtu, 13 Desember 2014

Virus di Android memang sangat sedikit, hampir tidak terdengar, tapi baru-baru ini ditemukan lagi virus komputer dengan nama Trojan.Droidpak yang menginfeksi komputer dan mampu membahayakan OS Android, benarkah? oke, kita bahas dulu

Cara Kerja Trojan.Droidpak

Trojan.Droidpak pertama-tama bersarang di PC Windows dengan menciptakan file XTL dan me-register service baru di regedit "HKLM\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\flashmx" berupa ekstensi .xtl (kalo gak salah) agar tetap aktif di memori biarpun komputer mengalami re-boot. Ia kemudian mengunduh file APK yang diletakkan di %Windir%\CrainingApkConfig\AV-cdk.apk (biasanya ke-detect sebagai Android.Fakebank.B) untuk dipasang secara diam-diam ke perangkat Android yang terhubung ke PC bersangkutan.

Tingkat bahaya Trojan.Droidpak

Hal tersebut bisa dilakukan apabila gadget Android yang terhubung menjalankan mode USB Debugging. Trojan.Droidpak kemudian membikin aplikasi Google Play Store palsu di gadget terinfeksi, lengkap dengan icon yang sama dengan toko aplikasi Google tersebut, tapi namanya sedikit berbeda, yaitu "Google App Store". Symantec turut menemukan bahwa malware ini mencari aplikasi online banking tertentu asal Korea Selatan, lalu berupaya menghapus serta menggantinya dengan versi lain yang sudah terinfeksi.

Trojan.Droidpak juga mencegat pesan-pesan SMS yang dikirimkan dari perangkat dan mengirimnya ke server kendali. Dari hal ini, bisa disimpulkan malware tersebut memiliki motif finansial atau bertujuan mencuri uang.

Penjelasan tentang Trojan.Droidpak

Umur Trojan ini masih jagung banget, sekitar 20 Januari 2014 lalu, penyebaran virus ini sangat lemah banget, dengan sistem Antivirus standar sekarang yang ada di Windows, tentu sebenernya sudah aman, selain itu juga ancaman bahaya nya rendah secara server kendali yang dimaksud sebelumnya sudah mati, dan cara mengatasinya pun mudah, tinggal scan via antivirus di market dan beres aja.

Tentu gak menutup kemungkinan pengembang virus nya berhenti sampai disitu, kalo kurang canggih ya bikin lagi, Androiders Mania juga gak boleh lengah walaupun OS Android salah satu yang kebal virus, tapi gak ada Sistem yang 100% sempurna, ya kan?

Source
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

My Computer

IP

Quote of the Day

Pageviews

Clock

Followers

Visitors

free counters

Visitors

Recent Comments

Popular Posts

Recent Posts

Recent Posts Widget

Guest Book

Random Posts

Blogger Widgets